Bagaimana menjadi teman yang suportif selama Ramadan

Bagaimana menjadi teman yang suportif selama Ramadan


Beberapa dari kita mungkin memperhatikan bahwa teman kost, teman bermain, atau kolega Muslim kita tidak pergi istirahat makan siang selama dua minggu terakhir dan melewatkan minum dan makan! Itu karena sudah lebih dari dua minggu sejak datangnya bulan Ramadhan, atau bulan suci Islam di mana umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga senja.


Pada artikel ini, saya akan berbagi dengan kamu apa yang perlu kamu ketahui tentang Ramadhan dan bagaimana kamu bisa menjadi teman kost atau teman yang suportif selama bulan suci ini!


Jangan khawatir jika temanmu memasak pada jam 4 pagi


Jika kamu mendengar suara seseorang memasak di dapur sejak pukul 4 atau 5 pagi, jangan kaget. Teman sekamar kamu kemungkinan besar sedang menyiapkan makanan sebelum fajar, atau juga dikenal sebagai 'Sahur'.

person wearing apon, cutting onion on chopping board

Image: Unsplash by Caroline Attwood


Saat berpuasa, semua umat Muslim dilarang makan dan minum di siang hari, sehingga mereka bangun pagi-pagi sekali untuk menambah energi yang mereka butuhkan untuk menjalani hari!


Jangan ragu untuk bergabung dengan mereka untuk makan sebelum fajar jika kamu masih terjaga. Saya cukup yakin mereka akan menikmati kebersamaan dan kamu juga akan menikmati makan malam yang larut malam! Ini adalah situasi yang menguntungkan untuk kalian berdua! 😀


Makan malam bersama!


Hanya karena ini bulan puasa, bukan berarti kamu akan kehilangan teman makan siang selamanya! Meskipun mereka mungkin tidak dapat bergabung dengan kamu untuk makan siang, kamu selalu dapat mengundang teman kost atau teman Muslim kamu untuk makan malam atau buka puasa, saat teman Muslim kamu akhirnya bisa makan.


Tahun ini, waktu berbuka puasa atau waktu matahari terbenam selama Ramadhan adalah antara pukul 17.52 dan 17.56, jadi pastikan kamu pergi ke restoran tepat pada waktunya untuk berbuka puasa. Tidak terlalu cepat atau terlambat!


Kamu dapat memeriksa waktu buka puasa selengkapnya di sini.


Memakan kurma


Saat berbuka puasa dengan teman kost atau teman Muslim kamu, mulailah makan dengan kurma. Umat Muslim di seluruh dunia masih memegang teguh tradisi yang dilakukan oleh nabi mereka ini.

plenty of dates being displayed on the table

Image: Freepik by Azerbaijan Stockers


Kurma merupakan buah dari pohon kurma yang rasanya cukup manis. Kurma juga tinggi nutrisi penting dan memiliki beragam manfaat dan kegunaan.



Umat Muslim memakan kurma dalam jumlah yang ganjil, seperti 1, 3, 5, dan seterusnya. Kamu juga bisa melakukan itu!


Orang-orang yang dibolehkan untuk tidak berpuasa


Jangan kaget jika kamu melihat salah satu rekan Muslim kamu minum air atau bahkan makan di tengah hari selama Ramadhan.

Meskipun puasa di bulan suci adalah wajib bagi sebagian besar umat Islam, tidak semua Muslim bisa berpuasa.



Beberapa alasannya bisa berhubungan dengan kesehatan mereka atau bahkan waktu datang bulan untuk wanita. Orang-orang ini dibebaskan dari puasa!


Atur ulang jadwal berolahraga


Daripada mengajak teman-teman sekamar kamu untuk lari di sore hari setelah jam kerja, mengapa tidak meminta mereka untuk lari di malam hari? 🏃


Perhatikan bahwa mereka juga tidak diperbolehkan minum air saat berpuasa, dan kita tidak ingin membuat mereka terengah-engah dan haus setelah berlari, bukan?



Selain itu, saat kamu berlari di malam hari, suhu juga jauh lebih dingin dan kamu dapat melihat lampu malam yang indah!


Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengajak mereka untuk latihan fisik yang tidak terlalu berat seperti sesi yoga singkat di sore hari untuk beristirahat sejenak dari semua penat pekerjaan!


Ucapkan selamat lebaran!



Tahun ini, hari pertama Idul Fitri jatuh pada tanggal 13 Mei, yaitu pada hari Kamis. Ini menandai akhir dari bulan Ramadhan.

 

Jangan lupa untuk mengucapkan ' selamat Idul Fitri' kepada teman-teman atau teman-teman Muslim kamu setelah bulan puasa berakhir. Dalam bahasa Arab, Idul Fitri berarti perayaan dan Mubarak berarti berkah.

 

Di Indonesia, Idul Fitri biasa dikenal dengan Hari Raya Lebaran yang secara harfiah diterjemahkan menjadi 'Hari Perayaan'!


Muslim di seluruh dunia akan pergi ke masjid untuk sholat Ied di pagi hari dan mengunjungi kerabat mereka di siang hari untuk saling memohon maaf satu sama lain atas kesalahan mereka.

a young Malay lady in kebaya, seeking forgiveness from an older lady in baju kurung, wearing a head scarf

Image: Shutterstock


Hari raya lebaran bisa menjadi awal yang baik bagi kamu untuk mencari pengampunan atau bersikap baik kepada teman satu kost jika telah terjadi kesalahpahaman di antara kalian, biarkan yang telah berlalu dan memulai lembaran baru!

 

😜 Psst. Berhubung Idul Fitri jatuh pada hari Kamis dan Jumat yang merupakan hari libur nasional di Indonesia, kamu bisa menikmati long weekend jika mengajukan cuti pada hari Rabu! 😜

 

Berikut merupakan restoran halal yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati makanan berbuka puasa!

 

Pappa Jack

Makanan yang terinspirasi dari masakan Singapura

 

Jittlada

Masakan asli Thailand

 

Zenbu

Masakan moderen ala Jepang

 

Al-Jazeerah Signature

Makanan arab

 

Marugame Udon

Masakan otentik udon Jepang

 

Kamu juga bisa membuat teman-teman Muslim kamu terkesan dengan mengenakan pakaian bernuansa Ramadhan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dari Zalora!


chat kami untuk temukan kamarmu