Tips menjaga kesehatan di kost selama pandemi

Tips menjaga kesehatan di kost selama pandemi


Photo by Mark Olsen on Unsplash


Beberapa waktu terakhir, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia kian mengkhawatirkan. Terjadi peningkatan kasus positif hingga kematian secara tajam di berbagai pelosok negeri. Hal ini tak lepas dari mutasi virus corona yang hingga saat ini sudah melahirkan beberapa varian baru.


Oleh sebabnya, pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan PPKM darurat yang membuat aktivitas kita stagnan seperti yang terjadi tahun lalu. Dampak yang ditimbulkan pun tidak main-main, banyak bisnis yang kembali mengalami kerugian di saat-saat kondisi ekonomi mulai berangsur pulih.


Perusahaan-perusahaan, instansi, hingga lembaga pendidikan dihimbau untuk memberlakukan kebijakan WFH demi menjaga keselamatan bersama. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah dan menjaga kesehatan selama beraktivitas dari rumah. 


Nah, khusus bagi kamu yang tinggal di kost selama pandemi ini, Cove punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan setiap hari. Simak baik-baik, ya!



Menjaga jarak dan hindari kerumunan



Salah satu cara terbaik untuk menghindari diri kita infeksi virus corona adalah saling menjaga jarak antar satu sama lain dan menghindari kerumunan. Seperti yang sudah dihimbau pemerintah sejak awal, dan juga saran para ahli terkait yang menangani pandemi ini, setiap orang wajib menjaga jarak setidaknya 2 meter.


Photo by Maksym Kaharlytskyi on Unsplash


Seperti dilansir infeksiemerging.kemkes.go.id, seseorang bisa menularkan virus corona melalui tetesan kecil atau droplet yang keluar lewat hidung atau mulut saat batuk dan bersin. Jika tanpa sengaja terhirup, maka virus akan menyebar masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, penyebaran virus juga bisa terjadi lewat kontak tidak langsung. Jika droplet yang terjatuh kemudian menempel pada benda di sekitarnya, lalu seseorang tak sengaja menyentuh benda yang terkontaminasi tersebut, kemudian orang itu menyentuh mulut, mata, atau hidung, maka virus bisa masuk ke dalam tubuh.

Itulah sebabnya kita diwajibkan menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk saat ini. Karena virus bisa berada di mana saja dan tidak terdeteksi keberadaannya.



Mulai gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain mengikuti himbauan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, kita juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan selama beraktivitas dari rumah atau kost. Pertama, cobalah untuk memulai gaya hidup sehat, mulai dari memperbaiki pola makan agar lebih teratur dan bergizi, memenuhi kebutuhan istirahat selama 6-8 jam per hari, dan minum air putih setidaknya 2,6 liter setiap hari.


Photo by Carl Barcelo on Unsplash


Kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga. Tidak perlu yang berat-berat, cukup olahraga ringan saja, yang penting dijalankan secara rutin dan teratur. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan sendiri di kost yaitu yoga, kalistenik (push up, squat, sit up, dsb), skipping, atau angkat beban.


Menerapkan 3M dan protokol kesehatan

Prinsip 3M adalah kunci utama dalam keberhasilan penanganan Covid-19. 3M sendiri berarti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun. Semua lapisan masyarakat harus terus konsisten menerapkan 3M sebagai bagian dari protokol kesehatan selama pandemi berlangsung untuk mencegah penularan.


Photo by Kobby Mendez on Unsplash


Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pernah merilis data penelitian yang menunjukkan resiko penularan virus bisa mencapai 100% jika tidak menerapkan 3M. Mencuci tangan disebutkan mampu menurunkan resiko penularan 35%, ditambah dengan penggunaan masker kain 45%, dan masker medis hingga 70%. Selanjutnya, menjaga jarak bisa menurunkan resiko hingga 85%. Perilaku yang cukup sederhana ini bisa menyelamatkan banyak orang di sekeliling kita.


Disinfeksi kamar kost secara berkala

Bukan cuma soal kebersihan diri, kebersihan lingkungan juga perlu diperhatikan. Hal ini penting untuk dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan virus corona. Apalagi jika ada tetangga kost yang tengah menjalani isolasi mandiri.


Photo by Nino Maghradze on Unsplash


Virus ini terbukti mampu bertahan selama berjam-jam hingga berhari-hari ketika hinggap di permukaan benda. Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkan kamar kost secara berkala dengan melakukan disinfeksi.


Sebelum mulai pembersihan, siapkan semua peralatan yang diperlukan, mulai dari masker, sarung tangan kedap air berbahan karet atau plastik, plastik sampah, sabun, cairan disinfektan, dan beberapa lap bersih. Selagi membersihkan kamar, biarkan pintu dan jendela terbuka agar sirkulasi udara tetap lancar.


Sertifikasi protokol pencegahan Covid-19 oleh Rumah Sakit Siloam

Menteri kesehatan RI melalui surat keputusannya (HK.01.07/MENKES/382/2020) terkait protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum menghimbau agar penyediaan akomodasi tempat tinggal harus melakukan upaya mitigasi penularan Covid-19 bagi pekerja, pengunjung, serta pengguna jasa. 


Hal ini utamanya ditujukan kepada pihak pengelola hotel, penginapan, homestay, kost, dan asrama. Ada banyak poin penting yang disampaikan dalam himbauan tersebut. Pada intinya, pengelola diminta agar turut berpartisipasi aktif dalam protokol kesehatan.


Salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan mengikuti pelatihan aktual tentang protokol pencegahan Covid-19. Seperti yang dilakukan oleh jajaran staf, tenant, dan housekeeper Cove. Bersama-sama, kami mengikuti training Protokol Pencegahan Covid-19 yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit Siloam, dan saat ini tim Cove telah tersertifikasi secara resmi.



Kami selalu memperhatikan kesejahteraan para penghuni, staf, dan pemangku kepentingan, serta secara aktif memantau situasi Covid-19 melalui panduan resmi terkini. Tak lupa dengan menerapkan langkah-langkah keselamatan dan kebersihan yang diperlukan untuk menjaga komunitas tetap aman.


chat kami untuk temukan kamarmu